Friday, August 26, 2016

DISKUSI REKAN-REKAN POLDA JATIM GROUP & HALO DUNIA

DISKUSI MALAM GROUP WA POLDA JATIM JUMAT, 26/08/2016.

#polribaginegeri
#supportpolri
#komunitasbloggerpoldajatim
#netizenpoldajatim
#fishunesa2015









👍👍👍👍
Surat ucapan terima kasih dari Kapolres Bojonegoro AWahyu Bintorotoro  atas terlaksananya Diskusi Online di Group WA Polda Jatim:

Luar biasa terimakasih atas inisiasi, sumbang saran, pemikiran, ide ide cemerlang dan kreatifnya mengantar bagaimana tgs dan tanggungjawab netizen Polri baik saat ini maupun kedepannya, semoga dengan adanya netizen Polri dari pelbagai kalangan dan elemen masyarakat akan membawa dampak yang luar biasa bagi organisasi Polri sesuai program prioritas PROMOTER,

Sudah seharusnya Polri membuka diri menerapkan open goverment parthnersip dengan 4 komponen unsurnya baik transparan, akuntabel, parthnersip dan inovasi berbasis IT. Dengan adanya netizen polri tentu saja akan membuka peluang selebar lebarnya seluas luasnya untuk berparthner, bermitra, bekerjasama  dengan seluruh komponen masyarakat dengan tdk memandang strata sosialnya.

Dengan adanya komunitas netizen polri tentu saja akan dijadikan sbg media early warning system, intelligence media bagi Polri berupa  informasi, saran serta masukannya.

Dengan adanya netizen Polri akan membawa perubahan mindset bagi anggota Polri itu sendiri, dengan harapan bahwa masyarakat sangat care, sangat peduli terhadap Polri dan sdh mjd kewajiban dan tgjwb seharusnya agt Polri lbh peduli dan mencitai institusinya "Polri Tercinta" utk bertugas lebih baik, secara profesional, proporsional dan prosedural memberikan pelayanan yg terbaik kpd seluruh masyarakat dengan hati, tulus dan ikhlas dengan demikian tentu saja Polri akan mjd institusi yang dipercaya dan dicintai oleh masyarakat.

Terimakasih pak stanley sbg admin Grup dan mas ferdinand sbg notulen serta seluruh member grup ini yang telah meluangkan waktunya untuk berdiskusi dan menyampaikan saran serta masukannya utk kebaikan dan kemajuan POLRI TERCINTA,
Semoga menjadi ladang amal sbg bekal kelak di akherat. Aamiin YRA.

Salam dari Bojonegoro
Akbp Wahyu Sri Bintoro, SH, SIK, M.Si
🙏🙏🙏

SAHABAT, nanti malam di group WA kita akan diadakan diskusi dengan tema:

"NETIZEN POLRI: TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB."

Waktu: 20.30 di WA Group Polda Jatim/Halo Dunia.

Kami mohon agar teman2 Kapolres dan para Sahabat Group Polda Jatim untuk ikut sumbang pikir.
Hasil diskusi akan dimuat diratusan link media yg kita miliki.

Demikian SAHABAT semua, mohon ketertiban selama diskusi berlangsung.

Terima kasih.
S Stanley Sumampouw
Admin WA Group Polda Jatim.

Pengantar Diskusi Netizen Polri Tugas dan Tanggung Jawab.
===============
Akhir2 ini kita menyaksikan dengan gencarnya di berbagai Polda di Indonesia bertumbuhan yang namanya Netizen Polri. Apa arti Netizen sebenarnya?

"Netizens merupakan istilah yang dibentuk dari kata Net (internet) dan Citizen (warga). Jika disatukan artinya kurang lebih 'warga internet' atau 'masyarakat dunia internet'."

Bilamana kata Netizen ditambahkan Polri dibelakangnya, maka pengertiannya adalah masyarakat Internet yg gemar (akan kinerja) Polisi.
Pesatnya pertumbuhan Komunitas netizen tidak terlepas dari boomingnya perkembangan medsos akhir2 ini. Berbagai komunitas netizen bertumbuhan bagai jamur dimusim hujan.
Polri sebagai suatu institusi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat juga mulai menggalang dan membentuk komunitas2 netizen pencinta kinerja Polri.
Dari pengamatan saya banyak yg bergabung dalam netizen Polri yang masih tidak tahu apa fungsi serta tugas dan tanggung jawabnya. Apa sih sebenarnya tugas dan tanggung jawab Netizen Polri?
- Apakah hanya untuk menebar pesona di berbagai kantor polisi sembari ber hahahihi saja?
- Mencari jodoh anggota polisi?
- Biar ada beking?
- Agar ditakuti tetangga handai taulan karena banyak foto2 polisi ditembok rumahnya apalagi di hpnya?
- Koleksi kaos polisi dari berbagai polres atau polda
- Atau apaaaa??

Mari para sahabat untuk berdiskusi dan memberikan pendapat anda nanti malam apa sih tugas dan tanggung jawab sebenarnya dari seorang Netizen Polri.

Terima kasih dan salam,
S Stanley Sumampouw
Admin Group WA Polda Jatim Halo Dunia.

Berikut ini hasil diskusi Rekan-Rekan group Polda Jatim Group dan Halo Dunia :

1.) DANANG N.A

      Menurut saya, NETIZEN POLRI tentang Tugas & Tanggung Jawab adalah sebagai berikut :

A. Tugas
1. Membantu POLRI dalam hal Pelayanan terhadap Masyarakat.
2. Menjadikan citra POLRI menjadi lebih baik dan menghapus perspektif Negatif dari Masyarakat terhadap POLRI.

B. Tanggung Jawab
1. Menjaga nama kepolisian.
2. Tidak untuk pamer atau sok-sok an.
3. Menjaga keharmonisan dan kekompakan serta keSolid an antar NETIZEN POLRI.
4. TIDAK MEMPROVOKASI ANTAR NETIZEN.

2.) FERDINAN M.

      peran warga yang aktif berbagi informasi di media online sangat beragam dan dengan berbagai kepentingan, kita singkat aja Nitizen biar pendek. kaitannya dengan nitizen adalah warga masyarakat tersebut menyalurkan aspirasi dan informasinya  melalui jejaring sosial di internet, perbedaannya jika pada kehidupan real face to face keberadaan setiap orang diketahui punya 1 badan 1 mulut dan seperangkat organ tubuh. tapi kalo Netizen 1 orang bisa saja punya sepuluh akun dengan sepuluh pemikiran dan style yang berbeda dan sangat sulit mengenali yang mana aslinya. tugas dan tanggung jawab para netizen terletak pada niatnya terlebih dahuku kemudian visi daN misi yang akan di sampaikan di media internet. jika dia tergabung dalam Misi untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja polisi maka sudah tentu semua hal yang posituf ttg polri harus dia sampaikan di media internet yang di ikuti. niatnya untuk menjadi nitizen untuk apa dulu apakah untuk pencitraan diri, menjujal produk barang atau untuk mengawal misi2 positif dan membantu memberikan informasi yang benar. netizen secara umum dan netizen secara khusus kita disini yang setiap saat online di internet untuk membantu Polri dalam hal counter isu dan memberikan informasi yang benar.
karena saat informasi salah menjadi viral dan wabah di berbagai jejaring sosial maka hal tersebut dapat menjadi potensi isu yg dikait2kan untuk mendiskreditkan seseorg atau pihak tertentu. semua penggiat dan aktivis Netizen beramai2 memberi koment sehingga bagi yang hanya menyimak sudah tidak paham mana kronologi yang benar dan mana yang hanya mengompor ngompori. tugas para netizen khususnya yang bergiat untuk memback-up keberadaan Institusi Polri lebih di fokuskan lagi untuk Counter Isu, Manajemen Isu dan Sumber Informasi Positif tetang Polri. Pada Intinya Netizen Online Polri sebaiknya Fokus pada beberapa hal antara lain : menjadi sumber info2 posotif tentang Polri, Counter Isu2 negatif yang mendiskreditkan Posisi Polri, Mengataur dan menata Isu2 Negati maupun posotif  baik yang berpotensi untuk kegaduhan besar menjadi Isu yang menguntungkan Posisi Polri, menjadi Mitra Humas bagi Polri untuk mengkomunikasikan berbagai Peranan Polri dalam rangka pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat Indonesia, serta tambahan lainya turut serta menjaga dan menjadi agen informasi keberadaan Para Anggota2 Polri saat melaksanakan tugas dengan melaporkan ke pihak yg berkompeten jika benar melakukan pelanggaran atau membantu anggota tersebut dalam hal advokasi jika berhadapan dengan Publik demi untuk nama baik Korps Polisi dan Anggota tersebut.

3.) ILHAM

      Tiga hal dasar yg dilakukan Netizen :
1. Berkomunikasi dengan Netizen lain melalui berbagai media
2. Berpendapat bisa berupa opini, rekomendasi, kecaman dll
3. Berkolaborasi melalui aplikasi web.

Menurut saya terkait dari 3 hal dasar tadi.,
Selain yg disebutkan mas danang juga bisa untuk memberikan masukan2 yag lain.,
Contohnya pada aplikasi skck online., tugas Netizen bisa membantu dalam saran dalam pembuatan aplikasi. Tugas lain Netizen yaitu penyambung aspirasi dari rakyat bisa berupa opini, keresahan dll untuk di tujukan pada pihak yg berkepentingan seperti Polisi dll

4.) Mustain Sudar A

Bagi saya simple....
Kalau mengaku sebagai nitizen polri berbuatlah sesuatu demi kebaikan kita sebagai warga negara yang ikut berperan penting untuk mmbangun kinerja polri,juga mengawasi kinerja polri,
Dan sangat gampang kita melihat siapa nitizen polri sebnarnya. Dalam artian iklas,tanpa pamrih.tidak sekedar mengaku cinta polisi,tapi tidak pernah berbuat apapun,misalnya buatlah artikel,tentang kisah seorang polis inspirtif,atau kalau tidak bisa carilah dimedia2.tentang pemberitaan positif tentang polisi.
Tidak sekedar sebagai anggota grup Nitizen polisi lalu mengaku sebagai nitizen polri.
Apalagi kalau merasa sayalah sebtulnya nitizen yg di akui..wah ini sudah gk benar.
Apa lagi  merasa banyak foto2 degn pejabat tinggi polri lalu buat nakut2tin orang..wah ini sangt berbahaya lagi...

5.) TIAN

netizen itu identik dngn sifat kepo dan ingin tau, jdi dngn adanya net dan xitizen, warga pun akn mncari tau tntang indormasi berasal dri net atau internet. netizen polri, klo mnurut pemahaman saya memang sngt diperlukan, krna bisa mmbantu msyarakt awam tau dn melek mengenai tugas dn tnggungjawab polri, dan netizen polri pun memiliki hak sn kwwajibn mmbntu polri untuk mnunjukn bhwa polri tdk seburuk yg mereka kira

6.) BIMO

Di jaman multimedia dan kecepatan informasi dari penjuru dunia , neti ini harus tetap memastikan semua informasi itu terverifikasi sebelum di up atau share lebih lanjut. Ini penting lakukan cek ricek. Karena dlm dunia digital satu detik klik bisa langsung viral.

Intinya cek dan ricek dari sumber terpercaya. Neti saat ini hampir menjadi layaknya citizen jurnalism. Bisa memberi informasi dimanapun berada kapanpun baik berupa tulisan , foto bahkan video secara live via medsos. Jika ada salah dan memang salah ya tetap harus di informasikan termasuk nanti tindakan apa yg diterimanya. Sudah sering juga dalam menindak juga mengundang media. Misal pencopotan anggota.

7.) EKO B.

tambahan untuk tugas NETPOLRI
#mengcounter opini" para netizen yg negatif tentang kinerja POLRI
Dan menyampaikan kebenaran tentang tugas" POLRI dalam mengayomi dan memberi rasa aman juga nyaman dimasyarakat.

8.) NANA

menurut aq netizen polisi tugas dan tggjwb adalah selain, mengayomi,melindungi, dan prlayanan ke masy, sekaligus penengak hukum hubungannya dgn netizen dlm arti mengawasi segl bentuk aktifitas masy.yg berhub ke dunia  kejahatan, artinya segala perckpan kita di cyber social media baik wa, bbm,telegram, line,sms dll.
mengawasi berita yg bersifat sensitif (sara) & gbr2 pemimpin negara, lambang negara dan simbol  negara untuk bhn kartun, guyonan maupun lelucon lainnya.
disinilah fungsi utama polisi internet atau cyber crime polisi. simpatisan atau mitra dari institusi polisi. bersama2 dgn polisi dlm hal mengawasi dunia kejahatan medsos dlm berkoment maupun memposting gbr dan kata2 jgn sampai bersifat sensitif (sara) & gbr pemimpin negara, lambang negara, & simbol negara utk bhn kartun, guyonan maupun lelucon lainnya.

9.) RADITHYA V

Netizen sekarang ini seperti komunitas juga ada yang berbeda2 dengan tujuan yg beda jg bkn lg sama. Netizen Polri dalam konteks yang sebenarnya adalah Corongnya Polri atau lebih dikenal dengan Speaker Polri dimana tugasnya adalah memberikan wawasan atau ilmu pengetahuan seputar kinerja Polri terhadap masyarakat awam yg notabene selalu beranggapan negatif kepada Polri. Netizen juga sebagai warga sekaligus masyarakat, saksi hidup bahwa apa yang sebagian besar dilakukan anggota Polri lebih dari apa yang dilakukan oknum polri. Begitu

10.) RAKSAN

Warga internet yang berinteraksi dengan Polri dengan sepenuh hati berintegritas karena ingin polri bisa menjalankan tugas dengan sempurna, adapun caranya berinteraksi dengan menjelaskan kepada masyarakat tentang sikap prilaku Polri yang positive dan mengingatkan anggota polri bila ada kesalahan dalam melaksanakan tugas melalui pimpinan polri tanpa menyiarkan lewat media interned.
Wujudnya sekecil.apapun positive polri di publikasikan dan.sebesar apapun.kesalahan polri tidak dipublikasikan namun disampaikan kepada pimpinan polri sehingga ada perbaikan didalam tubuh polri serta memberikan masukan kepada petinggi polri tentang konsep yang lebih baik.

11.) FIRDAUS

Netizen POLRI... dapat dinilai dari berbagai sudut pandang... kedalam kita dapat melihat sejauh mana kinerja POLRI dalam pencapaian, pembenahan, dan menyukseskan program PROMOTER, namun yang tidak kalah pentingnya(dari sudut pandang luar) adalah afek dan manfaat dari Netizen POLRI betul betul bermanfaat contoh dengan diadakan nya pengaduan online(yang terbaru dari BNN) juga terbantunya kesulitan kesulitan yang selama ini dirasakan masyarakat terutama dalam persoalan perpanjangan STNK,SIM dll dengan adanya Netizen POLRI masyarakat bisa saling bertanya atau bertukar pengalaman atau bahkan ke petugas melalui online, juga adanya Netizen POLRI dapat menjadikan sarana menuju era yang penuh keterbukaan...

12.) TATIANA R

Sulit di gambarkan apa dan siapa Netizen Polri, banyak yang mengaku sebagai Netizen Polri, tapi sedikit yang benar" real sebagai netizen.
Setidaknya dalam 'pengamatan' saya bbrp bulan terakhir ini, tapi ‎buat saya pribadi, saya acungi jempol buat para netizen yang dgn setia mengikuti semua giat" Polisi, berseliweran foto" brng Polisi, tapi kemudian ada tanya di hati, apa yang sedang 'di perjuangkan' ?!'
Nach lhooo, itu pertanyaan semata di tujukan pada diri saya sendiri, saya Netizen Polri atau bukan?

*TEBAR PESONA (pesona saya sudah wokeeeh dari lahir, gak perlu tebar" lagi cooy) =D
*NYARI JODOH POLISI - Jodoh mah di tangan TUHAN bukan di MAPOLRES (STOP ketawa ketiwi)
*Di BEKING POLISI - heeuummh, saya punya Tuhan juga sich yang jaga saya.
*BIAR di TAKUTI TETANGGA karena kita punya banyak tmn Polisi - bagus juga sich, tapi buat apa di takuti, harusnya di SEGANI.
*KOLEKSI KAOS - sebagai tanda cinta sebuah komunitas Netizen Polri saya senang memakainya dan pasti menerimanya, sbgai bentuk penghargaan bukan buat KOLEKSI agar dunia luar tahu 'Kaos saya banyak'

Saya Netizen Polri, the real support kinerja Polri, bantu counter opini, share semua giat bakti tugas Polisi dan yang penting buat saya PERTANGGUNG JAWABKAN saya Netizen Polri adalah ketika saya berjuang mengembalikan NAMA BAIK Bapak" Polisi yang namanya cemar karena Scammer.
Gak banyak yang bisa saya lakukan, hanya bisa memberikan informasi sejelas"nya kepada masyarakat luas akan keberadaan akun" PALSU yang mencatut foto" POLISI *membantu Bapak" Polisi yang foto"nya di catut scammer. Saya mungkin tdk pernah dan tdk ada foto" brng Polisi, apa yang saya lakukan sebagai Netizen Polri adalah keikhlasan semata, karena Cinta dan menjaga nama baik POLRI.

Kalian NETIZEN POLRI juga ?!
Maree jaga nama baik POLRI, tidak perlu banyak foto" bareng Polisi, cukup support kinerja Polisi, dengan berlaku SOPAN, SANTUN, SMART dan BISA MENEMPATKAN DIRI.
Demikian - Terima kasih :)
BRAVO POLRI.

13.) THEOFI

Menurut pendapat saya tugas dan tanggung jawab seorang nettizen adalah membantu dan menjembatani pihak kepolisian dan masyarakat agar informasi bisa tersosialisasi dengan baik. Di satu sisi juga menjadi control dan penyeimbang . Dengan harapan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian. Harapan saya adalah diklat singkat kepada para nettiZen secara berkala. Agar satu bahasa dan satu tujuan.

14.) RIZAL

Menurutku komunitas d dunia online yang mempunyai kekuatan dan kebebasan apalagi berekspresi, tentang pendapat dan suaranya yang dapat berdampak besar hinggal dunia offline / dunia nyata.

15.) EKO P. WICAKSONO

Netizen Polri itu saling berkomunikasi dan bersama dari satu kota dengan kota lain dan Itung" saling tukar pengalaman bila mana di kota salah satu kawan netizen yg memerlukan bantuan polisi atau bantuan apa mungkin kita bisa bantu dan saling menghargai dan menghormati antara teman netizen dan institusi pemerintahan dan membantu memberikan informasi tentang apa yg terjadi saat ini.

16.) ALI YUSZRO

Juga di wilyh kampung sdh ada masing2 forum kemitraan di koondiskn oleh msig2 polsek.netzen jg Membaur  dan mnggali info, apa yg seharusnya dilkukn polisi dn menginfokn yg sdh dilkukn. Tipis2 kyak jurnalis. Dan humamisnya, trrus brrbgi dalm kdgiatan sosial kemasyarkata,

17.) KHOIRUL AMIN

Suatu institusi skala besar spt POLRI pasti tak lepas dr perhatian masyarakat. Adanya perhatian tersebut tentu selalu membuahkan 2 hal, yaitu positif dan negatif alias pro dan kontra. Dr landasan tersebut maka adanya Netizen POLRI sebenarnya bukanlah utk membela POLRI, tp dapat menyajikan berita yg akurat dari sumber yg kredibel. Dan apabila ada berita / opini negatif maka Netizen POLRI dapat memberikan tanggapan dan meluruskan sesuai kenyataan yg sebenarnya. Contoh st yg dilakukan Pak Stanley dgn postin klarifikasi anggota Singkawang. Jd kesimpulanya Netizen POLRI bekerja sama dengan POLRI dalam menjaga citra POLRI dengan cara sehat dan intelektual.

18.) BOGIK ARGA

Kalau saya pribadi tertarik jadi netizen disebabkan
 1. karena sgt ingin melihat keteraturan dan penegakan hukum dgn benar.
2. Melihat waktu kerja yg sangat menyita waktu pribadi ( sy pribadi merasakan krn sy anak tentara, yg jelas past mirip model kerja dgn aparat kepolisian )
3. Kejengkelan krn melihat banyak berita baik yg selalu tertutup dgn 1 berita buruk.
4. Dgn kita menunjukkan kebaikan dan kegiatan positif kepolisian, sy berharap polisi yg akan berniat tidak baik dan negatif, akan malu dan bangga menjadi polisi yg baik.
5. Dgn keteraturan maka negara menjadi kuat dan maju
Itu tujuan saya pribadi ikut netizen

19.) MUNAS

Netizen adalah mitra polri di dunia maya, jika di dunia nyata ada saka bhayangkara yang membantu tugas  polisi di lingkungan sekitar lokasi saka bhayangkara beraktifitas setiap harinya, maka netizen polri bertugas untuk membantu polisi di dunia maya. Bentuknya bisa dalam bidang pemberian informasi -informasi yang berkaitan dengan tugas polisi dan juga program-program terbaru kepolisian. Ada banyak informasi yang belum tentu kebenarannya yang tersebar luas di dunia maya. Peran netizen polri diperlukan untuk mengklarifikasinya tentunya setelah disinkronkan/di cari kebenaran langsung dari sumbernya. Netizen adalah mitra polri di dunia maya, jika di dunia nyata ada saka bhayangkara yang membantu tugas  polisi di lingkungan sekitar lokasi saka bhayangkara beraktifitas setiap harinya, maka netizen polri bertugas untuk membantu polisi di dunia maya. Bentuknya bisa dalam bidang pemberian informasi -informasi yang berkaitan dengan tugas polisi dan juga program-program terbaru kepolisian.

Ada banyak informasi yang belum tentu kebenarannya yang tersebar luas di dunia maya. Peran netizen polri diperlukan untuk mengklarifikasinya tentunya setelah disinkronkan/di cari kebenaran langsung dari sumbernya.

20.) CAK ROY

Menghadapi era globalisasi sekarang ini, yang sebagian besar sudah menggunakan media sosial sebagai alat untuk bekerja, nyantai, dan lainnya...
Dan tidak dapat di pungkiri juga bahwa penyebaran suatu berita di media sosial sangat cepat sekali....
Dan sudah pasti ada berita yang positif / negatif / berita yang tidak benar.
Tugas kita sebagai nitizen adalah membackup berita" tersebut, dengan cara baik & benar

21.) ANI CANTIKASARI

Netizen bukan tulisan dan slogan polisi , tp itu sebuah tanggung jwb yg harus di lakukan oleh Tubuh POLRI itu sendiri dan juga para pemakai Kaos Netizen dgn adanya memakai KAOS NETIZEN kita dituntut utk lebih hati2 dlm bersikap dan bertutur kata . Karena itu akan membawa nama Institusi..sekarang saatnya masyarakat bisa menilai ada pandangan tersendiri utk Netizen yg  bnyk yg melakukan suatu  kegiatan utk meningkatkan kepercayaan Publik terhadap kinerja polisi . Walaupun sebetulnya masyarakat kita tahu akan kejadian , tp kadang msih punya takut utk melaporkan hal yg sebenarnya . Polri adalah mitra masyarakat .Polri adalah milik  masyarakat . Dgn adanya Netizen berada dkt dgn masyarakat akan menambah kecintaan terhdp Polri dan hilangnya rasa takut. Tp yg di rasakan masyarakat adalah rasa Nyaman dan Terlindungi ..,,






No comments: